Anything is possible, unless it's not.

Perhatian!


Ini adalah blog lama saya, yang tidak pernah saya update lagi. Anda dapat mengunjungi blog saya yang baru di
http://sawisamuel.blogspot.com/

Terima Kasih

Rabu, 09 Desember 2009

Dvorak Simplified Keyboard (DSK)

Hello World,

Saya baru belajar menggunakan keyboard Dvorak nih, katanya sih, bisa membantu mengetik lebih cepat. Karena baru 3 hari megang nih, malah jadi lama banget ngetiknya. Tadinya bisa 80 wpm (pake QWERTY), jadi hanya 10 wpm :(

Alasan saya belajar ini karena pengetik-pengetik tercepat di dunia (100+ wpm) menggunakan DSK. hehe ikut-ikutan. Links: http://www.wikihow.com/Type-Really-Fast-on-a-Keyboard
http://en.wikipedia.org/wiki/Dvorak_Simplified_Keyboard

Susunan huruf-huruf dalam keyboard Dvorak berbeda dengan QWERTY. Home row-nya menjadi AOEU-ID-HTNS (bukan ASDF-GH-JKL). Begini ceritanya:

Keyboard QWERTY sudah menjadi semacam 'tradisi' di kalangan pengguna komputer. Sebenarnya layout QWERTY itu bertujuan agar mesin tik lebih tidak mudah jamming. Jadi penggunaan keyboard QWERTY sebenarnya sudah ketinggalan jaman karena keyboard komputer tidak mempunyai lengan-lengan pemukul.

Maka pada tahun 1930-an dimana sudah ada mesin tik elektrik, Dr. August Dvorak mengembangkan layout-nya sendiri dan mendapat hak paten atas layout buatannya. Meskipun gagal dalam menggantikan QWERTY (itulah enaknya menjadi yang pertama :) , Dvorak di-support oleh berbagai macam OS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar