Anything is possible, unless it's not.

Perhatian!


Ini adalah blog lama saya, yang tidak pernah saya update lagi. Anda dapat mengunjungi blog saya yang baru di
http://sawisamuel.blogspot.com/

Terima Kasih

Senin, 11 Januari 2010

LaTeX

Hello World,

Saya baru belajar tentang penggunaan LaTeX. LaTeX sendiri adalah bahasa markup untuk typesetting dengan TeX. Fitur-fiturnya terdiri dari macro, penulisan rumus matematika, dan lebih dari itu, typesetting dilakukan secara otomatis. Typesetting secara otomatis tentu saja memudahkan dalam penulisan laporan/buku/tulisan yang lumayan panjang. Misalnya, untuk menambahkan sebuah daftar isi, seseorang hanya perlu menuliskan \tableofcontents lalu TeX akan menambahkan daftar isi tanpa kita harus membuatnya sendiri.

Rumus-rumus matematika yang rumit lebih mudah dibuat dan ditampilkan dibandingkan dengan aplikasi word processor biasa.

Penulisan rujukan (seperti Lihat bagian x.xx) juga fleksibel karena begitu kita menambahkan section baru sebelum section yang kita rujuk (yang artinya nomor section yang kita rujuk juga berubah), maka (La)TeX akan secara otomatis mengubah nomor section pada rujukan (tidak seperti Ms.Word atau word processor lainnya).

Saya nggak modal sih, editornya hanya TeXworks yang lebih mirip text editor. Jadi banyak ngetiknya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar