Anything is possible, unless it's not.

Perhatian!


Ini adalah blog lama saya, yang tidak pernah saya update lagi. Anda dapat mengunjungi blog saya yang baru di
http://sawisamuel.blogspot.com/

Terima Kasih

Kamis, 01 April 2010

FlightGear Flight Simulator



Hello world,

Beberapa hari yang lalu saya mendownload dan menginstal sebuah aplikasi flight simulator (simulasi penerbangan) FlightGear Flight Simulator. Saya mengetahui aplikasi menarik ini dari teman dekat saya yang bernama Indra Samala.

(dia memang... jenius.. menyelesaikan grr dalam hanya 12 detik sedangkan orang rata-rata butuh waktu bertahun-tahun).

Menurut penilaian saya, flight simulator ini rasanya sungguh berbeda dengan MSFS 1998 yang CDnya masih ada di rak saya. Lebih sulit mengendalikannya karena Cessna-nya MSFS 1998 yang saya punya, sangat stabil pada saat lepas landas, padahal di kenyataannya, pada saat lepas landas, pesawat Cessna mempunyai kecenderungan untuk berbelok ke kiri atau ke kanan.

Pengendaliannya pun lebih mudah karena ada kontrol untuk mouse, elevator trimming dengan mousewheel, HUD, dll. MSFS 1998 yang saya punya mempunyai fitur Mouse As Yoke, tetapi tetap saja sulit mengendalikannya.

Fitur multiplayernya pun lebih lengkap daripada flight simulator yang sebelumnya saya punya (CD-nya), misalnya ground service, ATC, air-to-air refueling, aerotowing, catapult take-off/CATO dan lain-lain.

Tetapi dari segi grafis, sayangnya FGFS masih kurang realistik. Kokpit Cessna 172 terlihat lebih buruk daripada yang MSFS punya. Gambar: Golden Gate Bridge, San Francisco, CA, dilihat dari kokpit Cessna 172.

Meskipun demikian, saya tetap menyukai flight simulator ini karena G-R-A-T-I-S.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar